Selasa, 04 Februari 2020

Tema 6(Sub.Tema 1) Pembelajaran 3

Hari / Tema                            :     Rabu 5 Pebruari 2020
Tema (6)                                  :    Energi dan Perubahannya
Sub Tema (1)                          :    Sumber Energi
PB Ke                                       :   3


Materi  Ajar

Bahasa Indonesia

Menuliskan 5 informasi tentang sumber energi


Menjaga Kelestarian Energi adalah Kewajiban Bersama

Setelah melakukan kegiatan, tubuh kita merasa lelah. Saat tubuh lelah, kita membutuhkan istirahat. Istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh. Selain istirahat, kita membutuhkan asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman membuat tubuh berenergi kembali.


Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sebagian besar makanan berasal dari tumbuhtumbuhan. Karena itu, kita wajib memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan. Selain makanan, tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi. Untuk minum, kita membutuhkan air bersih. Namun, saat ini

banyak sumber air yang sudah tercemar. Baik sumber air di kota maupun di desa. Pencemaran air disebabkan oleh sampah atau limbah. Sampah dan limbah yang dibuang ke air itulah yang mencemarkan air.

Air bukan hanya sebagai sumber energi bagi tubuh. Air juga merupakan sumber energi listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan manusia.


Bumi yang kita tempati adalah milik semua makhluk yang hidup di bumi. Kita harus menjaga kelestarian energinya. Kita tidak boleh memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus memikirkan kepentingan bersama. Jika sumber energi habis, maka kehidupan manusia akan terancam.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah: .     1  merawat dan memelihara tanam-tanaman,
 2. melakukan penghijauan,
 3. tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,
 4. menggunakan air secukupnya saja. Marilah mencoba untuk menerapkannya dalam kegiatan                 sehari-hari.


jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

1. Mengapa kita membutuhkan makanan dan minuman?

    ----------------------------------------------------------------

    ----------------------------------------------------------------

2. Apa gunanya air bagi tubuh?

    ----------------------------------

    ----------------------------------

3. Mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih?

    ---------------------------------------------------------------

    ---------------------------------------------------------------

4. Mengapa kita harus melestarikan sumber energi?

    ----------------------------------------------------------

    ----------------------------------------------------------

5. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih?

    ------------------------------------------------------------------------

    ------------------------------------------------------------------------

Matematika

Konsep jam dan bagaimana menunjukan kedudukan jarum jam pada waktu tertentu

Siti dan teman-teman telah menyelesaikan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini adalah percakapan antara Pak Guru dan muridmurid.

“Anak-anak tahukah kalian tentang satuan waktu?”, tanya Pak Guru. “Belum, Pak!”, jawab Siti dan teman-teman. “Kalau begitu Pak Guru mau tanya, siapa yang sudah lebih lama hidup, Pak Guru atau kalian?” “Pak Guru!”, jawab murid-murid serempak. “Dari mana kalian tahu?” “Karena Pak Guru lebih tua dari pada kami, Pak.”, jawab Udin. “Udin ingat berapa umur Pak Guru?” “37 tahun, Pak!” jawab Udin. “Udin benar! Jadi tahun itu juga merupakan penunjuk waktu!” “Adakah penunjuk waktu lainnya? Siapa yang dapat menjawab?” Murid-murid terdiam, sambil berpikir. Lalu Pak Guru berkata, “Kalau begitu, yuk kita pelajari tentang penunjuk waktu atau satuan waktu!”.


Setelah membaca dialog di atas kita memahami tentang peristiwa  yang memerlukan waktu lebih lama dan lebih singkat. Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu. 

Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari. Lihat tabel di bawah ini!


No  . Nama bulan                             Jumlah hari 

1           Januari                                          31
 2          Februari                                        28 atau 29
 3          Maret                                            31
 4         April                                              30 
 5          Mei                                                31
 6         Juni                                                30 
 7          Juli                                                 31
 8        Agustus                                           31
 9        September                                       30 
10       Oktober                                           31  
11       November                                       30
 12      Desember                                        31

Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari. 

Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari. 
Ayo 

1 tahun = 12 bulan 
1 minggu = 7 hari
 2 tahun = ... bulan
 2 minggu = ... hari
 3 tahun = ... bulan
 3 minggu = ... hari
 4 tahun = ... bulan 
4 minggu = ... hari 
5 tahun = ... bulan
 5 minggu = ... hari

SBdP


Variasi pola irama dalam lagu


Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1? Ayo menyanyikan lagi bersama-sama! Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut! Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama lagunya. 


pengertian alat musik ritmis


Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok memainkan satu jenis alat musik. Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringi dengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana. Bait kedua polanya sama dengan bait pertama. Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan keempat diiringi oleh semua alat musik. 
Matahari 


                                                                            Matahari

                                                                                          Ciptaan: Nurhasanah


Matahari bersinarlah terang (marakas) 
Burung-burung pun berkicau riang (tamborin)
 Harum semerbak bunga berkembang (kastanyet)
 Tandanya hari mulai siang (rebana)

 *)  Maha kuasa Tuhan Yang Esa (marakas)        
     Yang telah menurunkan rahmat-Nya (tamborin)     
     Tuhan Pengasih Tuhan Penyayang (kastanyet)          
     Mari bersyukur kepada-Nya (rebana)


Refr. Matahari sumber kehidupan 
        Sumber energi yang utama  
        Cahayanya bersinar terang
        Pohon-pohon menari riang
       (semua alat musik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar