Kamis, 16 Januari 2020

Tema 5(Sub.Tema 2)Pembelajaran 5

Hari / Tanggal                 Jumat 17 Januari 2020
Tema  (5)                        Cuaca
Sub Tema                       Perubahan Cuaca
PB Ke                            5


Materi  Ajar


Bahasa Indonesia

Menemukan kata mengrnai perubahan cuaca dengan tepat
Mengidentifikasi Informasi yang berkaitan dengan pengaruh cuaca
terhadap kehidupan manusia dengan tepat.


Pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar. Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?
Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini. Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering. Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan. Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.


Dapatkah kamu menyusun informasi dari berita yang didengar oleh Lani? Bacalah sekali lagi teks berita yang diceritakan Lani. Diskusikanlah dengan temanmu. Lalu, susun informasi yang kamu peroleh dari teks berita tersebut. Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan.

Pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia.
Cuaca Panas
Cuaca hujan/dingin
...................................
...................................
...................................
...................................
Menjemur pakaian ................................... ...................................
...................................
.......

PPKn


Menjelaskan dan menuliskan sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan
sehari hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
Bersikap peduli dengan tolong menolong sebagai wujud bersatu dalam keberagaman
di lingkungan sekitar.


Udara masih terasa sejuk. Lani dan teman-teman kembali bermain lompat tali. Talinya terbuat dari rangkaian karet gelang. Saat asyik bermain, tiba-tiba talinya putus. Karetkaret gelang berceceran di atas lapangan. Temanteman langsung membantu Siti memperbaiki tali itu. Edo dan Beni memungut karet gelang yang berceceran di atas lapangan. Mereka mengumpulkan karet gelang itu ke Udin. Udin kemudian menyerahkan karet gelang tersebut kepada Siti. Dayu dan Lani membantu merangkai kembali karet gelang tersebut.


Image result for gambar anak sd bermain lompat tali dan permainan di luar kelasImage result for gambar anak sd bermain lompat tali dan permainan di luar kelas



Image result for gambar anak sd bermain lompat tali dan permainan di luar kelasImage result for gambar anak sd bermain lompat tali dan permainan di luar kelas


Image result for gambar anak sd bermain lompat tali dan permainan di luar kelas



Hari sudah makin sore. Cuaca masih tetap berawan. Siti dan teman-teman selesai bermain. Mereka akan kembali ke rumah. Mereka mulai merapikan alat-alat permainan yang digunakan. Udin mengamati kotak-kotak permainan tapak gunung yang hendak dihapus. Kotak-kotak itu mengingatkannya tentang materi pecahan yang dipelajari di kelas.

Matematika

Membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar
Menyajikan perbandingan dua pecahan berpembilang sama dengan tepat.

Amati pecahan-pecahan yang terbentuk dari kotak berikut.

Image result for gambar bangun datar persegi panjang
                     1                                          1/2
Image result for gambar bangun datar persegi panjangImage result for gambar bangun datar persegi panjang
                 1/2                                 1/2



Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Image result for gambar bangun datar persegi panjangBagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar?  Perhatikan gambar berikut ini. Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia.

Membandingkan dua pecahan yang peyebutnya sama, namun pembilangnya berbeda. Lihatlah gambar pecahan pada Beni dan Siti. Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?


Image result for gambar bangun datar 1/2Image result for contoh gambar bangun datar 1/4




Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?


1/2  .......       1/4

2/4 .......        2/5

1/2 ........      1/5

1/10 ......      1/5

2/4   ......     2/6



Kata Umum dan Kata Khusus


Kata umum adalah kata – kata yang memiliki makna dan cakupan pemakaian yang lebih luas. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Sedangkan, kata khusus adalah kata – kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit, atau disebut juga dengan hiponim.

Pada umumnya, kata umum memiliki beberapa macam kata khusus. Meskipun kata – kata khusus memiliki bentuk yang berbeda, maknanya tetaplah sama dengan makna kata umum.

Contoh Kata Umum dan Kata Khusus


Kata umum : Melihat
Kata khusus : Menengok, menyaksikan, melirik, memandang, memelototi, mengamati, dan memperhatikan.

Kata umum : Mendatangi
Kata khusus : Mampir, singgah, berkunjung,

Kata umum : Membawa
Kata khusus : Mengangkat, menjinjing, menggendong, mengangkut, menyeret, membopong, memanggul.

Kata umum : Hewan peliharaan
Kata khusus : Kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, ikan

Kata umum : Mencintai 
Kata khusus : Menyayangi, mengasihi

Kata umum : Menetap
Kata khusus : Bersarang, tinggal, menghuni

Kata umum : Sependapat
kata khusus : Setuju, sepakat

Kata umum : Indah
Kata khusus : Cantik, menawan, menakjubkan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar