Selasa, 27 Agustus 2019

Tema 2(Sub.Tema 3)Pembelajaran 3

MATERI AJAR KELAS III F
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 2(Sub.Tema 3)
Pembelajaran :  3
Hari/Tanggal :Rabu  ,   28        Agustus 2019

Bahasa Indonesia

Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai

Kelas 3 berkunjung ke hutan bakau. Mereka akan mmempelajari perawatan dan pelestarian hutan
bakau. Orang-orang sering menyebut hutan bakau sebagai sabuk hijau. Artinya, kawasan hijau yang
tumbuh di garis pantai. Hutan bakau melindungi garis pantai dari pengikisan. Hutan bakau, juga meredam gelombang besar, termasuk tsunami. Diperlukan kerja sama warga sekitar untuk menjaga
pertumbuhan hutan bakau. Ada dua hal penting yang harus dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama. Adapun penyulaman adalah penggantian pohon bakau yang mati. Pohon yang mati diganti dengan bibit atau pohon bakau lain yang seumur. Tujuannya agar pohon-pohon bakau dapat tumbuh secara seragam. Pohon-pohon bakau yang telah ditanam mesti dijaga pertumbuhannya. Kepiting kerap menggigit batang anak pohon bakau. Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan. Paling tidak, hingga pohon-pohon bakau berusia satu tahun. Ombak dan binatang pemakan daun juga
terkadang merusak. Namun, manusialah yang paling banyak menyebabkan kerusakan hutan
bakau. Bibit dan pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

1.Siswa bermain peran tntang kunjungan ke hutan bakau

Matematika
Hitunglah hasil penjumlahan berikut ini dengan menggunakan garis bilangan.
■ 5 + 3
■ 6 + (-8)
■ (-3) + (-4)
Jawab
■ Bilangan 4 dan 5 kita gambarkan dalam bentuk anah panah pada garis bilangan seperti yang diperlihatkan gambar berikut ini.
             
Untuk menghitung 4 + 5, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
(a) Gambarlah anak panah dari angka 0 sejauh 5 satuan ke kanan sampai pada angka 5.
(b) Gambarlah anak panah kedua dimulai dari angka 5 sejauh 3 satuan ke kanan sampai pada angka 8.
(c) Hasilnya, 4 + 5 = 8.
■ Bilangan 6 dan -8 kita gambarkan dalam bentuk anah panah pada garis bilangan seperti yang diperlihatkan gambar di bawah ini.
                 
Untuk menghitung 6 + (-8), langkah-langkahnya sebagai berikut.
(a) Gambarlah anak panah dari angka 0 sejauh 6 satuan ke kanan sampai pada angka 6.
(b) Gambarlah anak panah kedua dimulai dari angka 6 sejauh 8 satuan ke kiri.
(c) Hasilnya, 6 + (-8) = -2.
■ Bilangan -3 dan -4 kita gambarkan dalam bentuk anah panah pada garis bilangan seperti yang diperlihatkan gambar di bawah ini.

Untuk menghitung (-3) + (-4), langkah-langkahnya sebagai berikut.
(a) Gambarlah anak panah dari 0 sejauh 3 satuan ke kiri sampai pada angka -3.
(b) Gambarlah anak panah kedua dimulai dari angka -3 sejauh 4 satuan ke kiri.
(c) Hasilnya, (-3) + (-5) = -7.

SBDP
Siswa membuat motif gambar hiasan dengan menggunakan bentuk-bentuk tumbuhan.
Amatilah berbagai macam bentuk tumbuhan di sekitar kalian! Hal ini akan memudahkanmu
mencari ide bentuk hiasan dekoratif!

                       












































































































































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar